ANALISIS KINERJA SMA NEGERI SIWALIMA AMBON MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

DENISSA ALFIANY LUHULIMA, ADI WIBOWO, AGUSTINUS NOERTHJAHYANA


ABSTRAK

SMA Negeri Siwalima Ambon merupakan merupakan salah satu sekolah bertaraf internasional di Ambon. Untuk mendukung sekolah ini agar bisa tetap unggul dan dapat bersaing dengan SMA yang lainnya dan tetap menjadi sekolah bertaraf internasional maka sekolah ini terus melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memujudkan visi dan misi yang telah dibuat bersama. Peningkatan tata kelola merupakan salah satu cara yang ingin dibuat oleh SMA Siwalima untuk membantu dalam mengintegrasikan data, sehingga melalui data tersebut SMA Siwalima dapat melakukan pengambilan keputusan yang dapat membantu dalam perkembangan SMA Siwalima mewujudkan visi dan misi.

Sebelum melakukan peningkatan tata kelola perlu penilaian terhadap kinerja sekolah. Dalam hal ini metode balanced scorecard dapat digunakan. Oleh karena itu di SMA Negeri Siwalima Ambon perlu dilakukan penelitian kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard. Sampel penelitian ini adalah 96 siswa dan 48 guru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menyusun kuesioner, menyebarkan kuesioner, dekomentasi, dan analisis hasil kuesioner. Dari hasil kuesioner maka penilaian kinerja SMA Negeri Siwalima Ambon akan dibagi dalam 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.


Kata kunci

Peningkatan tata kelola, Balanced Scorecard, SMA Negeri Siwalima Ambon


Jurnal INFRA

Volume 2 Nomor 2, Halaman 88 – 93

Informasi File

12-12-19-09-28-41-Abstrak---Analisis-Kinerja-SMA-Negeri-Siwalima-Ambon-Menggunakan-Metode-Balanced-Scorecard---Denissa-Alfiany-Luhulima-Adi-Wibowo-Agustinus-Noerthjahyana.pdf

349428

2019-12-12 - 09:28:41
Download Abstrak Full Text
CopyRight © 2019. Create by CV.FR-SYSTEM