DENISSA ALFIANY LUHULIMA, ADI WIBOWO, AGUSTINUS
NOERTHJAHYANA
ABSTRAK
SMA Negeri
Siwalima Ambon merupakan merupakan salah satu sekolah bertaraf internasional di
Ambon. Untuk mendukung sekolah ini agar bisa tetap unggul dan dapat bersaing
dengan SMA yang lainnya dan tetap menjadi sekolah bertaraf internasional maka
sekolah ini terus melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memujudkan visi dan
misi yang telah dibuat bersama. Peningkatan tata kelola merupakan salah satu
cara yang ingin dibuat oleh SMA Siwalima untuk membantu dalam mengintegrasikan
data, sehingga melalui data tersebut SMA Siwalima dapat melakukan pengambilan
keputusan yang dapat membantu dalam perkembangan SMA Siwalima mewujudkan visi
dan misi.
Sebelum melakukan
peningkatan tata kelola perlu penilaian terhadap kinerja sekolah. Dalam hal ini
metode balanced scorecard dapat digunakan. Oleh karena itu di SMA Negeri
Siwalima Ambon perlu dilakukan penelitian kinerja dengan menggunakan metode balanced
scorecard. Sampel penelitian ini adalah 96 siswa dan 48 guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menyusun kuesioner, menyebarkan kuesioner, dekomentasi, dan analisis hasil kuesioner. Dari hasil kuesioner maka penilaian kinerja SMA Negeri Siwalima Ambon akan dibagi dalam 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Kata kunci
Peningkatan
tata kelola, Balanced Scorecard, SMA Negeri Siwalima Ambon
Jurnal INFRA
Volume
2 Nomor 2, Halaman 88 – 93
12-12-19-09-28-41-Abstrak---Analisis-Kinerja-SMA-Negeri-Siwalima-Ambon-Menggunakan-Metode-Balanced-Scorecard---Denissa-Alfiany-Luhulima-Adi-Wibowo-Agustinus-Noerthjahyana.pdf
349428
2019-12-12 - 09:28:41