KERAGAMAN AGAMA SEBAGAI BASIS PEMBELAJARAN PAK

Isu keragaman atau pluralisme mendapat perhatian berbagai kalangan dan isu ini bukan baru muncul sekarang, tetapi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sepanjang zaman. Secara makro, pluralisme dipahami sebagai paham yang menjelaskan adanya perbedaan dalam satu masyarakat, mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti aspek sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, dan agama. Pada hakekatnya pluralisme menekankan kepelbagaian atau kemajemukan, bukan ketunggalan atau keseragaman. Dalam konteks suatu masyarakat bangsa atau negara, terdapat kepelbagaian suku dan sub-suku, budaya dan adat-istiadat, bahasa, agama.

Pluralisme merupakan fakta sosial yang tidak dapat diabaikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK). Oleh karena kelompok-kelompok yang dijadikan subjek pembelajaran PAK adalah individu-individu yang memiliki beragam identitas maka kemajemukan yang dimiliki perlu dijadikan basis bagi seluruh pembelajaran PAK. Terkait dengan kemajemukan sebagai konteks PAK dan perubahan-perubahan yang dialami masyarakat, maka perlu dipikirkan kembali model pembelajaran PAK yang menekankan pada pemahaman agama sendiri kepada suatu model yang melampuai pembelajaran agama sendiri. Dalam hal ini pendidikan keagamaan yang menekankan etika atau perilaku beragama perlu mendapat tempat dalam pembelajaran PAK.


Keragaman Agama Sebagai Basis Pembelajaran Pak

Yance Zadrak Rumahuru

Jurnal Mara Christy Vol. V No. 2. Juli-Desember 2014

Informasi File

16-05-19-08-35-18-Abstract---Keragaman-Agama-sebagai-Basis-Pembelajaran-PAK---Yance-Zadrak-Rumahuru.pdf

354593

2019-05-16 - 08:35:18
Download Abstrak Full Text
CopyRight © 2019. Create by CV.FR-SYSTEM