BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PERDAMAIAN PEMUDA DAN PEMUDI LINTAS IMAN DI KOTA AMBON

ALCE ALBARTIN SAPULETTE, YAMRES PAKNIANY


Abstrak: Aktivitas perdamaian kini telah menjadi fenomena sosial yang terus dilakukan untuk membangun relasi antar identitas. Berbagai metode digunakan dengan tujuan untuk membuat masyarakat memahami pesan yang disampaikan. Masyarakat yang menjadi sasaran aktivitas perdamaian dilakukan adalah masyarakat yang pernah mengalami konflik sosial. Kota Ambon merupakan salah satu daerah konflik yang menjadi sasaran aktivitas perdamaian dilakukan. Konflik yang pernah melanda Kota Ambon kini telah selesai, namun perlu ada aktivitas perdamaian yang dilakukan untuk terus memperkuat narasi-narasi damai yang telah tercipta. Board game merupakan salah satu aktivitas perdamaian yang dilakukan untuk memperkuat narasi damai di Kota Ambon. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa board game mengandung nilai-nilai kepribadian dan nilai-nilai kebersamaan yang dapat dijadikan sebagai modal sosial untuk membangun damai antar pemuda dan pemudi lintas iman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan menggunakan model interaktif yang meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2019 di Kota Ambon. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai board game dalam membangun perdamaian antar pemuda dan pemudi lintas iman di Kota Ambon.

Kata kunci: Board game, perdamaian, pendidikan, Kota Ambon.


WASKITA – Jurnal Pendidikan dan Pembangunan Karakter

Volume 3 Nomor 2, Halaman 59-75

15 November 2019

Informasi File

22-11-19-02-18-35-Abstrak---Board-Game-sebagai-Media-Pendidikan-Perdamaian-Pemuda-dan-Pemudi-Lintas-Iman-di-Kota-Ambon---Alce-Albartin-Sapulette-Yamres-Pakniany.pdf

440584

2019-11-22 - 14:18:35
Download Abstrak Full Text
CopyRight © 2019. Create by CV.FR-SYSTEM