PENDIDIKAN AGAMA DALAM KULTUR SEKOLAH DEMOKRATIS: POTENSI MEMBUMIKAN DERADIKALISASI AGAMA DI SEKOLAH

Herly Janet Lesilolo


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan Pendidikan Agama dalam kultur sekolah demokratis sebagai salah satu strategi membumikan deradikalisasi agama di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif naturalistik dengan strategi studi kasus dan mengambil tempat penelitian di SMA Kristen Urimessing Ambon. Objek penelitian ini adalah keseluruhan gejala demokratis dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Kristen. Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut, Pendidikan Agama dalam kultur sekolah demokratis berpotensi membumikan deradikalisasi, karena dalam proses belajar mengajar mengoptimalkan sikap kebebasan berpikir kritis, kemandirian dan akuntabilitas sehingga dapat membentuk keyakinan, sikap dan norma peserta didik untuk: (1) mendalami dan meyakini ajaran agamanya sendiri; (2) berkomitmenmentransformasikan ajaran agamanya secara baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial bermasyarakat; dan (3) memberi teladan secara konkret tidak terjebak menggunakan kekerasan dan anarkisme dalam mewujudkan keinginan.


Kata Kunci: pendidikan agama, kultur sekolah demokratis, deradikalisasi


WALISONGO: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan

Volume 23 Nomor 1, Mei 2015

Halaman 51-68

Informasi File

30-07-19-10-28-24-Abstract---PENDIDIKAN-AGAMA-DALAM-KULTUR-SEKOLAH-DEMOKRATIS-Potensi-Membumikan-Deradikalisasi-Agama-di-Sekolah---Herly-Janet-Lesilolo.pdf

284440

2019-07-30 - 10:28:24
Download Abstrak Full Text
CopyRight © 2019. Create by CV.FR-SYSTEM