MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AGAMA INKLUSIF SEBAGAI SOLUSI PENGELOLAAN KERAGAMAN DI INDONESIA

Pendidikan agama telah dijadikan mata pelajaran utama di Indonesia mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT), tetapi sikap beragama di Indonesia menunjukkan bahwa penghargaan terhadap sesama umat beragama jauh dari apa yang diharapkan. Sejak masa pemerintahan Orde Baru, pendidikan Agama ditetapkan menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dasar hingga perguruan tinggi, dengan tujuan agar pendidikan agama yang diberi kepada setiap warga Indonesia dapat memproteksi paham komunisme. Pada masa reformasi hingga kini, gagasan serupa mengalami modifikasi yang melihat tugas dunia pendidikan secara umum dan khususnya posisi pendidikan agama adalah untuk “memperkuat keyakinan beragama.”

Pemikiran sebagaimana dikemukakan pada bagian-bagian sebelum hendak menegaskan bahwa diperlukan model pendidikan alternatif yang mentransformasi model-model pendidikan agama konfensional yang eksklusif. Dalam kaitan ini penulis menawarkan pendidikan agama inklusif sebagai solusinya. Alasan mengapa pendidikan agama inklusif dapat dijadikan alternatif solusi adalah karena pendidikan agama inklusif mengedepankan nilai-nilai etik dan moral yang dapat diterima kelompok-kelompok masyarakat lebih luas dibanding model-model pendidikan agama konfensional yang lebih memberi perhatian pada doktrin keagamaan sempit. Pengembangan pendidikan agama yang inklusif dalam konteks Indonesia saat ini penting karena masyarakat Indonesia yang plural, termasuk dari dari aspek agama, bahkan, masyarakat Indonesia dikenal sangat religius tetapi penerimaan dan penghargaan satu terhadap lainnya masih menjadi masalah.


YANCE Z. RUMAHURU

MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AGAMA INKLUSIF SEBAGAI SOLUSI PENGELOLAAN KERAGAMAN DI INDONESIA

Jurnal Teruna Bakti, Sekolah Tinggi Agama Kristen Yogyakarta

Volume 1 Nomor 1, Agustus 2018, Halaman 59-68

Informasi File

31-05-19-08-28-15-Abstract---Mengembangkan-Pendidikan-Agama-Inklusif-Sebagai-Solusi-Pengelolaan-Keragaman-Di-Indonesia---Yance-Z-Rumahuru.pdf

472679

2019-05-31 - 08:28:15
Download Abstrak Full Text
CopyRight © 2019. Create by CV.FR-SYSTEM