Herly Janet Lesilolo
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan Pendidikan Agama dalam kultur
sekolah demokratis sebagai salah satu strategi membumikan deradikalisasi agama
di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif naturalistik
dengan strategi studi kasus dan mengambil tempat penelitian di SMA Kristen
Urimessing Ambon. Objek penelitian ini adalah keseluruhan gejala demokratis
dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Kristen. Hasil penelitian dapat
dideskripsikan sebagai berikut, Pendidikan Agama dalam kultur sekolah
demokratis berpotensi membumikan deradikalisasi, karena dalam proses belajar
mengajar mengoptimalkan sikap kebebasan berpikir kritis, kemandirian dan
akuntabilitas sehingga dapat membentuk keyakinan, sikap dan norma peserta didik
untuk: (1) mendalami dan meyakini ajaran agamanya sendiri; (2) berkomitmenmentransformasikan
ajaran agamanya secara baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial
bermasyarakat; dan (3) memberi teladan secara konkret tidak terjebak
menggunakan kekerasan dan anarkisme dalam mewujudkan keinginan.
Kata
Kunci: pendidikan agama,
kultur sekolah demokratis, deradikalisasi
WALISONGO: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Volume 23 Nomor 1, Mei 2015
Halaman 51-68
30-07-19-10-28-24-Abstract---PENDIDIKAN-AGAMA-DALAM-KULTUR-SEKOLAH-DEMOKRATIS-Potensi-Membumikan-Deradikalisasi-Agama-di-Sekolah---Herly-Janet-Lesilolo.pdf
284440
2019-07-30 - 10:28:24