STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK

KORI MAKULUA


Abstract

Secara alamiah, perkembangan anak berbeda-beda, baik dalam bakat, minat, kreativitas, kematangan emosi, kepribadian keadaan jasmani dan sosialnya. Selain itu juga setiap anak memiliki kemampuan terbatas dalam belajar yang inheren, dalam dirinya untuk dapat berpikir kreatif dan produktif. Anak akan beraktivitas sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki dirinya, sehingga pengembangan kreativitas anak harus dimulai sejak anak usia dini baik dalam pendidikan PAUD non formal (TPA, KB) maupun PAUD Formal (TK). Untuk mencapai pengembangan kreativitas anak yang optimal bagi anak usia taman Kanak-Kanak, diperlukan strategi guru dalam pembelajaran, sehingga anak akan terangsang untuk berpikir kreatif. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru, diantaranya: faktor perkembangan anak Taman Kanak-Kanak, menguasai konsep strategi pembelajaran, memiliki potensi kreatif dalam diri, sehingga dengan potensi kreatif itulah, seorang guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran untuk anak usiaTaman Kanak-Kanak, melalui aktivititas atau kegiatan-kegiatan yang dikemas dalam bentuk permainan. Diharapkan dengan strategi guru yang demikian dapat meningkatkan kreativitas anak usia taman kanak-kanak.

Keywords: Strategi Guru dan Kreativitas, kepribadian, potensi

 

KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, Vol. 1 No. 1, 2015

http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/KNS/article/view/23

Informasi File

28-04-21-08-03-44-Abstract---Strategi-Guru-dalam-Meningkatkan-Kreativitas-Anak-Usia-Taman-Kanak-Kanak---Kori-Makulua.pdf

733414

2021-04-28 - 08:03:44
Download Abstrak Full Text
CopyRight © 2019. Create by CV.FR-SYSTEM